Rabu, 04 Mei 2011

Paskabentrok, TNI Akan Tetap Latihan di Urutsewu

04 Mei 2011 | 20:10 wib


Magelang, CyberNews. Kodam IV/Diponegoro akan tetap menggelar latihan militer di kawasan Pantai Urutsewu, Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen meski terjadi bentrokan antara tentara dengan petani pada 16 April 2011 silam.

Rencananya, latihan tersebut akan digelar pada triwulan ketiga sekitar bulan Juli mendatang. TNI beralasan pihaknya sudah latihan di lokasi tersebut sejak puluhan tahun silam dan selama ini tidak pernah bermasalah.

"Saya hanya prajurit penerus. Sejak saya belum lahir TNI sudah latihan di sana. Perlu dipertanyakan kenapa sekarang ada yang menolak," kata Panglima Komando Daerah Militer IV/Diponegoro, Mayjen TNI Langgeng Sulistyono di Magelang, Rabu (4/5).

Lagi pula, kata Pangdam, latihan tidak digelar setiap hari. Dalam satu tahun prajurit TNI hanya berlatih beberapa kali saja. Pangdam juga menyatakan sebelum latihan pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar terlebih dulu.

Selain itu, prajurit juga selalu diperintahkan untuk menghindari areal pertanian warga. "Prajurit saya latihan dengan baik, dan tidak menyalahi siapapun. Kami tetap sopan dan selalu menjalin komunikasi dengan masyarakat," tegas dia.

Ia menjelaskan tugas tentara adalah menjaga keamanan dan kedaulatan bangsa dan negara. Untuk menempa prajurit yang tangguh dan profesional yang berdisiplin, bersemangat, dan memiliki soliditas satuan, dibutuhkan latihan militer secara rutin.

"Kami bertanggungjawab kepada bangsa dan negara. Selama pimpinan menugaskan saya latihan, maka saya akan latihan. Jika tidak justru saya indisipliner dan bisa dihukum. Kami ini tentara rakyat, yang digaji rakyat untuk menjaga NKRI," tegas dia.

Disebutkan Kodam IV/Diponegoro telah melakukan investigasi untuk mengetahui kemungkinan adanya kesalahan prosedur anggota TNI di lapangan. "Hasil investigasi TNI belum ditemukan kesalahan prosedur anggota (saat bentrokan). Jika ada yang melanggar hukum harus diproses," jelas Mayjen Langgeng.

Mayjen Langgeng juga mengaku sudah memberikan penjelasan lengkap kepada Komisi I DPR RI. Ia berharap kasus ini akan segera selesai sehingga TNI bisa terus latihan dan petani bisa kembali menggarap sawah mereka.
( MH Habib Shaleh / CN33 / JBSM )  

http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/05/04/84739/Paskabentrok-TNI-Akan-Tetap-Latihan-di-Urutsewu

0 komentar:

Posting Komentar