Selasa, 05 Maret 2013

Latihan TNI di Urut Sewu Resahkan Warga

05 Maret 2013 | 08:17 wib


KEBUMEN, suaramerdeka.com - Digelarnya kembali latihan TNI di kawasan Urut Sewu Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren beberapa waktu lalu membuat warga kembali kecewa dan resah. Sebab, latihan militer tersebut dinilai mengganggu aktivitas petani dalam menggarap lahannya.

Kekecewaan itu disampaikan salah satu tokoh masyarakat Kiai Imam Zuhdi, Selasa (5/3).   Dia mengatakan, pernyataan Komandan Kodim 0709/Kebumen, Lekt Inf Dany Rakca Andalaswan SAP yang menyatakan bahwa latihan militer tersebut tidak mengganggu warga adalah tidak benar.

Faktanya, petani sangat terganggu dengan latihan tersebut, karena pada saat latihan menembak petani dilarang masuk atau bekerja di area pertaniannya. Bahkan, di lahan pertanian bagian selatan, moncong meriam TNI dihadapkan pada lahan pertanian warga.

Otomatis pemilik lahan tidak berani bekerja saat latihan menembak dilakukan. Puluhan meriam TNI pun ditata menghadap ketimur dari selatan ke utara atau menghadap ke lahan pertanian semangka. 
"Saya merasa kecewa dengan adanya latihan militer yang dilakukan di Setrojenar," keluhnya. 

Selain itu, Kiai Imam Zuhdi juga menyangkal keberadaan Imam Asnawi sebagai tokoh masyarakat Desa Setrojenar yang berstatement bahwa latihan tersebut tidak mengganggu warga.

Menurut Imam Zuhdi, keberadaan Imam Asnawi bukanlah orang yang ditokohkan oleh masyarakat, melainkan warga biasa yang tidak mempunyai lahan di daerah selatan, sehingga statement-nya mengenai perasaan masyarakat terkait dengan latihan TNI sangat tidak dapat dipercaya.

"Tidak benar jika dikatakan tidak ada ketegangan antara warga Desa Setrojenar dengan TNI, karena faktanya warga tetap tidak pernah mengijinkan latihan TNI di Desa Setrojenar," ungkapnya. 

Latihan tersebut, lanjut dia, berpotensi melangggar hak-hak asasi manusia, khususnya masyarakat yang tinggal di Setrojenar. Utama para petani yang  sedang menggarap lahan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Latihan itu juga menimbukaan ketidaknyamanan masyarakat yang tinggal di Desa Setrojenar.
( Rinto Hariyadi / CN26 / JBSM )  

http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/03/05/147842/Latihan-TNI-di-Urut-Sewu-Resahkan-Warga

0 komentar:

Posting Komentar