Rabu, 26 November 2014

Akses ke Tapak Pabrik Semen Rembang Diblokir Puluhan Ibu

Rabu, 26 November 2014 | 09:16 WIB

Terlihat ibu-ibu memblokir akses masuk ke tapak pabrik milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di wilayah hutan Desa Kadiwono Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang, Rabu (26/11/2014) pagi sekitar pukul 06.30 WIB. (Foto:Pujianto)

BULU, mataairradio.com - Sekitar 25 orang ibu-ibu memblokir akses masuk ke tapak pabrik milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di wilayah hutan Desa Kadiwono Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang, Rabu (26/11/2014) pagi sekitar pukul 06.30 WIB.
Akibatnya, para pekerja serta mobilisasi alat dan bahan ke tapak pabrik semen menjadi terhalang. Sebagian dari pekerja yang mestinya merampungkan pekerjaan pembangunan pabrik pagi itu terpaksa berhenti di pertigaan menuju ke arah tapak.
Joko Prianto, tokoh pendamping para ibu yang selama ini menghuni tenda penolakan rencana penambangan dan pendirian pabrik semen di wilayah Kecamatan Gunem menyebut, aksi blokir ini sebagai puncak dari kejengahan atas sikap Pemerintah yang dianggap tidak peduli dengan aspirasi mereka.
“Rekomendasi dari Komnas HAM tidak dihiraukan. Kita juga sudah surati Presiden dan 18 instansi di Jakarta minggu lalu. Saat itu, Pemerintah kami minta untuk memberesi persoalan soal semen dalam seminggu. Ini sudah jatuh tempo,” katanya.
Sikap dari Plt Bupati yang dianggap menutup mata dengan tidak merespon positif rekomendasi Komnas HAM, juga disebutnya semakin membuat para penolak pendirian pabrik semen merasa tidak pedulikan sedikit pun.
“Ketika sudah lima bulan, Pemerintah tidak merespon sedikit pun. Bupati Rembang juga sudah menutup mata, tidak peduli. Itu juga alasan ibu-ibu menggunakan caranya sendiri untuk menghentikan pabrik semen,” tegasnya.
Dia menekankan, aksi blokir akses menuju tapak pabrik semen akan berlanjut hingga tuntutan mereka untuk menghentikan sementara pendirian pabrik semen dan menarik alat berat, dipenuhi.
“Aksi ini ya sampai alat berat ditarik dan pendirian pabrik semen dihentikan sementara seperti rekomendasi Komnas HAM,” tandasnya.
Sementara itu, personel polisi dari Polsek Gunem dan Bulu tampak turun tangan melakukan pengendalian massa di lapangan.
Penulis: Pujianto | Editor: Pujianto
http://mataairradio.com/berita-top/pabrik-semen-rembang-diblokir

0 komentar:

Posting Komentar